-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Tugas Kuliah : Keuntungan dan Kelemahan Matematika Ekonomi

Post a Comment

  


  Abstrak

Mata Kuliah Matematika Ekonomi adalah mata kuliah yang akan memberikan dasar kepada mahasiswa untuk dapat menganalisis secara kuantitatif permasalahan dalam bidang ekonomi. Mata kuliah matematika ekonomi akan memberikan dasar bagi mahasiswa untuk dapat dengan mudah mempelajari mata kuliah-mata kuliah di bidang ekonomi. Pembahasan dalam mata kuliah ini selalu didahului dengan matematika murni, kemudian diikuti dengan penerapan ekonomi dan bisnis.
Model matematika dapat mempermudah dalam memahami ilmu ekonomi dan menganalisis fenomena-fenomena ekonomi. Namun, karena model tersebut bagaikan pisau yang bermata dua, diperlukan kehati-hatian dalam membangun dan menggunakannya. Pilihan model dan penggunaan model yang kurang tepat dapat menyesatkan. Bila  hasil  yang kurang tepat ini digunakan sebagai landasan untuk membuat kebijakan ekonomi yang menyangkut hajat hidup orang banyak, hal ini dapat berakibat pada biaya sosial  yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, sebelum   solusi   dari model tersebut digunakan perlu diverifikasi terlebih   dahulu untuk mengetes   validitas model   tersebut.  Atau, jika dimungkinkan, hasil tersebut dapat dicobakan dulu dalam suatu ”laboratorium” yaitu dalam suatu kelompok masyarakat dengan sekala kecil atau dibuat suatu simulasi-simulasi terlebih dahulu.



1.      Pendahuluan
Matematika Ekonomi disajikan sebagai peralatan dalam upaya membahas persoalan / permasalahan ekonomi yang mencakup pengertian - pengertian, dalil - dalil, dan rumus - rumus serta teknik-teknik penggunaan matematika dalam pembahasan permasalahan ekonomi.(http://www.belbuk.com/)
Matematika Ekonomi dalam hal ini dapat dihubungkan dengan teori ekonometrika. Ekonometrika adalah ilmu yang membahas masalah pengukuran hubungan ekonomi. Dengan demikian, Ekonometrika adalah ilmu yang mencakup teori ekonomi, matematika, dan statistika dalam satu kesatuan sistem yang bulat, menjadi suatu ilmu yang berdiri sendiri dan berlainan dengan ilmu ekonomi; matematika; maupun statistika. Ekonometrika digunakan sebagai alat analisis ekonomi yang bertujuan untuk menguji kebenaran teorama-teorama.  (http://www.rosyidamin .com/)

2.      Pembahasan
2.1  Pengertian
2.1.1        Pengertian Matematika
Kata "matematika" berasal dari bahasa Yunani Kuno máthēma, yang berarti pengkajian, pembelajaran, ilmu, yang ruang lingkupnya menyempit, dan arti teknisnya menjadi "pengkajian matematika", bahkan demikian juga pada zaman kuno. Kata sifatnya adalah mathēmatikós, berkaitan dengan pengkajian, atau tekun belajar, yang lebih jauhnya berarti matematis. Secara khusus, mathēmatikḗ tékhnē, di dalam  bahasa Latin ars mathematica, berarti seni matematika.  (http://id. wikipedia.org/)
2.1.2        Pengertian Ekonomi
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. (http://id.wikipedia.org/).
Menurut Bapak Ekonomi yaitu Adam Smith (1723 - 1790) dalam bukunya An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nation, biasa disingkat The Wealth of Nation, yang diterbitkan pada tahun 1776, bahwa Ilmu ekonomi adalah bahan kajian yang mempelajari upaya manusia memenuhi kebutuhan hidup di masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan.  (http://id.answers. yahoo.com/)
Ilmu ekonomi bertujuan untuk dapat membantu pemecahan masalah yang timbul dalam usaha-usaha pengoptimalisasian kemanfaatan atau kegunaan (utility) yang dilakukan dalam keterbatasan atau kelangkaan (scarcity). (http://www.belbuk.com/)
2.1.3        Pengertian Matematika Ekonomi
Secara spesifik, matematika  ekonomi  (mathematical economics) dipergunakan untuk memformalkan (yaitu, menggambarkan dalam bentuk persamaan) model ekonomi yang dipostulatkan oleh teori ekonomi. Ekonometri (econometrics) kemudian menerapkan peralatan statistik (terutama analisis regresi) pada data dunia nyata untuk mengestimasi model yang dipostulatkan oleh teori ekonomi dan untuk peramalan (forecasting). (Dominick Salvatore, 2005:5)
2.2  Pembahasan ; Keuntungan dan Kelemahan Matematika Ekonomi
Matematika ekonomi merupakan pendekatan untuk analisis ekonomi yang menggunakan simbol-simbol matematis untuk menyatakan permasalahan dan menggunakan dalil-dalil matematis untuk membantu dalam menyelesaikan dan membahas permasalahan. Matematika ekonomi dapat digunakan dalam teori ekonomi mikro, ekonomi produksi, ekonomi produksi, riset operasi dan ekonometrika. Secara khusus matematika ekonomi digunakan untuk menjelaskan kasus-kasus matematis seperti matriks, kalkulus diferensial dan integral, dan persamaan diferensial. (http://elearning.unsyiah.ac.id/)
Analisis ekonomi tidak berbeda jika menggunakan pendekatan matematis dibanding dengan tanpa pendekatan matematis. (R. Sihotang)
Keuntungannya pendekatan matematis:
  1. Dengan pendekatan matematis, persoalan atau pokok  bahasan menjadi sederhana.
  2. Dengan pendekatan matematis, berarti mengaktifkan logika dengan asumsi-asumsinya.
  3. Dapat memakai sebanyak n variabel dalam menggambarkan sesuatu (hubungan antar variabel)
Misalnya :  Qd = f(Pr, Inc, Pi, … ), Pr = harga komoditi ybs Inc = pendapatan, Pi = harga kom. Substitusi
Kelemahannya pendekatan matematis:  
  1. Bahasa matematis tidak selalu mudah dimengerti oleh ahli ekonomi sehingga sering menimbulkan kesukaran.
    Contoh  Y = f(X), dalam ilmu ekonomi bagaimana mengartikan persamaan matematis tersebut, misal dalam: permintaan, produksi, pendapatan nas, dll. sehingga ahli ekonomi sulit memetik keuntungan dari matematika.  
    2. Seorang ahli ekonomi yang memiliki pengetahuan dasar matematika, ada kecenderungan:
    (a)   membatasi diri dengan hanya memecahkan persoalan secara matematis
    (b)   membuat beberapa asumsi yang kurang tepat demi memudahkan pendekatan matematis atau statistis. Artinya, lebih banyak berbicara matematika dan statistika dari pada prinsip/ teori ekonomi.
      
    3.      Penutup
    Matematika Ekonomi merupakan pendekatan matematis yang merupakan pembawa pemikiran kepada kesimpulan dengan model singkat untuk membantu dalam menyelesaikan dan membahas permasalahan.



    Daftar Pustaka

    Dominick Salvatore, 2005. Ekonomi Internasional. Edisi Bahasa Indonesia. Alih Bahasa Haris Munandar. Erlangga. 1997: Jakarta

    R. Sihotang, Matematika Ekonomi, Materi Matrikulasi Program Pasca Sarjana Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UNJA

    http://elearning.unsyiah.ac.id/course/category.php?id=18

    http://www.rosyidamin.com/pengertian-ekonometrika-ekonomi-matemati ka-dan-statistika/

    http://id.wikipedia.org/wiki/Matematika

    http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_ekonomi

    http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080917043255AAhBtX

    http://www.belbuk.com/matematika-ekonomi-edisi-baru-p-2332.html




    Related Posts

    Post a Comment