Konsep adalah kategori pengalaman yang diawali dari pengalaman terhadap fakta yang dirumuskan dalam bentuk ungkapan kemudian diproses dengan persepsi, penalaran induktif dan kepenemuan (Zubaedah, 2010).
Konsep sangat diperlukan dalam pembelajaran. Dengan adanya konsep siswa lebih memahami apa yang akan dipelajari. Jika sesorang telah memahami konsep maka ia dapat menjelaskan suatu peristiwa dengan tujuan dapat memudahkan manusia untuk berpikir lebih baik.
Pengusaan konsep merupakan kemampuan
siswa dalam menguasai materi dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam
pengusaan konsep ini siswa sudah mampu memahami dan mengusai materi yang telah dipelajari
sehingga hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Siswa dikatakan telah mengusai
konsep dilihat dari teori dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari, jika teori
dan penerapan dilakukan secara baik maka siswa tersebut bias dikatakan telah
mengusai konsep.
Untuk mengukur proses kognitif siswa, adapun kategori-kategori dalam dimensi proses kognitif siswa yaitu;
- Mengingat, mengambil kembali pengetahuan dari memori jangka panjang. Aspek ini mengacu pada kemampuan mengenal dan mengingat materi yang sudah dipelajari dari yang sederhana sampai pada hal-hal yang sukar.
- (2) Memahami, mengkonstruksi makna dari materi pembelajaran, termasuk apa yang diucapkan, ditulis, dan digambar oleh guru.
- Mengaplikasikan, menerapkan atau menggunakan suatu prosedur dalam keadaan tertentu.
- Menganalisis, memecah-mecah materi jadi bagian-bagian penyusunannya dan menentukan hubungan-hubungan antarbagian itu dan hubungan antara bagian-bagian tersebut dan keseluruhan struktur dan tujuan.
- Mengevaluasi, mengambil keputusan berdasarkan kriteria dan/atau standar. (6) Mencipta, memadukan bagian-bagian untuk membentuk sesuatu yang baru dari koheren atau untuk membuat suatu produk yang orisinal (Arisanti dkk, 2016).
Arisanti, Wa Ode Lidya, Wahyu Sopandi & Ari Widodo. 2016. Analisis Pengusaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Melalui Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar 8(1):82-95
Zubaidah. 2010. Penguasaan Konsep oleh Siswa Melalui metode Problem Solving pada Konsep Sistem Respirasi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Islam negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Post a Comment
Post a Comment