-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Evaluasi Diri Sekolah/ Madrasah

Post a Comment
Evaluasi diri sekolah/madrasah atau EDS/M adalah proses evaluasi diri sekolah/madrasah yang bersifat internal yang melibatkan pemangku kepentingan untuk melihat kinerja sekolah/madrasah berdasarkan SPM dan SNP yang hasilnya dipakai sebagai dasar penyusunan RKS/M dan sebagai masukan bagi perencanaan investasi pendidikan tingkat kabupaten/kota

Evaluasi:
• Penerapan standar mutu.
• Identifikasi dan pengumpulan data mutu.
• Pengolahan dan analisis data mutu.
• Penyimpulan hasil EDS/M.
Diri:
Internal sekolah/madrasah.
Sekolah/Madrasah:
Tim pengembang sekolah/madrasah.


Tujuan EDS/M
• Sekolah/madrasah menilai kinerjanya berdasarkan SPM dan SNP.
• Sekolah/madrasah mengetahui tahapan pengembangan dalam pencapaian SPM dan SNP sebagai dasar peningkatan mutu pendidikan yang bermuara pada peningkatan mutu peserta didik.
• Sekolah/madrasah dapat menyusun Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah (RPS/M) atau Rencana Kegiatan Sekolah/Madrasah (RKS/M) sesuai kebutuhan nyata menuju ketercapaian implementasi SPM dan SNP.


Manfaat EDS/M bagi Sekolah/Madrasah
• Mengidentifikasikan kelebihan serta kekurangannya sendiri dan merencanakan pengembangan ke depan.
• Memiliki data dasar yang akurat untuk pengembangan dan peningkatan di masa mendatang.
• Mengidentifikasikan peluang untuk meningkatkan mutu pendidikan yang disediakan, mengkaji apakah inisiatif peningkatan tersebut berjalan dengan baik dan menyesuaikan program sesuai dengan hasilnya.
• Memberikan laporan formal kepada pemangku kepentingan demi meningkatkan akuntabilitas sekolah/madrasah.


Kapan EDS/M Sebaiknya Dilaksanakan?
• Sekolah/madrasah melakukan EDS/M setiap tahun.
• Sekolah/madrasah melakukan EDS/M pada waktu pergantian tahun ajaran.
• Sekolah/madrasah mencatat dan melaporkan setiap ada perubahan (penurunan atau perbaikan) indikator standar.
• Sekolah/madrasah meng-update data ketika menyusun program dan anggaran sekolah/ madrasah.


Bersambung…

Related Posts

Post a Comment