-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Contoh Soal Calon Asesor

Post a Comment


1.      Visi Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah adalah …

A.    terwujudnya lembaga akreditasi sekolah/madrasah yang professional, terpercaya dan terbuka.

B.     mengembangkan sistem penyelenggaraan akreditasi yang efektif dan efisien;

C.     mengembangkan perangkat dan mekanisme akreditasi yang tepat dan bermutu;

D.    mengembangkan integritas dan kompetensi pelaksana akreditasi;

 

2.      Daerah di Provinsi Gorontalo yang mencapai jumlah sekolah jenjang SMA negeri berada pada Peringkat akreditasi A terbanyak tahun 2015 adalah …

A.    Kota Gorontalo

B.     Kabupaten Pohuwato

C.     Kabupaten Gorontalo

D.    Kabupaten Boalemo.

 

3.      Badan Akreditasi Nasional BAN-S/M yang dikenal dilingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan diatur menurut ….

A.    Peraturan Pemerintah RI No 32 Tahun 2013 , Pasal .. ayat ..  

B.     Peraturan Pemerintah RI No 32 Tahun 2013

C.     Peraturan Pemerintah RI No 32 Tahun 2013  

D.    Peraturan Pemerintah RI No 32 Tahun 2013

 

4.      Kriteria minimal tentang sistim pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia menurut Peraturan Pemerintah RI No 32 Tahun 2013 , adalah ...

A.    Standar Nasional Pendidikan                                          

B.     Standar Akreditasi Nasional

C.     Standar Akreditasi Pendidikan                                         

D.    Standar Akreditasi Sekolah.

 

5.      Kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup kemampuan sikap, pengetahuan, keterampilan adalah definisi Standar kompetensi lulusan. kemampuan sikap, pengetahuan, keterampilan disebut …

E.     Standar Isi                                            C.   Standar Kompetensi Lulusan

F.      Standar Penilaian                                 D.  Standar Proses.

 

6.      Tujuan Umum supervise adalah …

A.    memberikan bantuan teknis dan bimbingan kepada guru dan staf agar personil tersebut mampu meningkatkan kualitas kinerjanya, dalam melaksanakan tugas dan melaksanakan proses belajar mengajar.

B.     memberikan bantuan teknis kepada guru dan staf agar personil tersebut mampu meningkatkan kualitas kinerjanya, dalam melaksanakan tugas dan melaksanakan proses belajar mengajar.

C.     memberikan bimbingan kepada guru dan staf agar personil tersebut mampu meningkatkan kualitas kinerjanya, dalam melaksanakan tugas dan melaksanakan proses belajar mengajar.

D.    memberikan bantuan kepada guru dan staf agar personil tersebut mampu meningkatkan kualitas kinerjanya, dalam melaksanakan tugas dan melaksanakan proses belajar mengajar.

7.      Jika anda sebagai supervisor pembelajaran maka yang pertama disupervisi adalah Perangkat pembelajaran yang disiapkan oleh guru, yang dimaksudkan perangkat pembelajaran tersebut adalah …

A.    program tahunan, program semester, perhitungan minggu efektif, pemetaan ki-kd, silabus dan rencana pembelajaran pendidikan (RPP).

B.     program semester, perhitungan minggu efektif, pemetaan ki-kd, silabus dan rencana pembelajaran pendidikan (RPP).

C.     program tahunan, program semester,  pemetaan ki-kd, silabus dan rencana pembelajaran pendidikan (RPP).

D.    program tahunan, program semester, perhitungan minggu efektif, silabus dan rencana pembelajaran pendidikan (RPP).

8.      Standar Proses menurut PP No 32 tahun 2013 diturunkan dalam  …

A.    Permendikbud No 20 Thn 2016

B.     Permendikbud No 21 Thn 2016

C.     Permendikbud No 22 Thn 2016

D.    Permendikbud No 23 Thn 2016

 

9.      Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berikut ini yang menjadi kewenangan guru untuk menentukannya adalah …

A.    Kompetensi Inti dari Standar Kompetensi lulusan

B.     Kompetensi Dasar dari Kompetensi Inti

C.     Indikator dari Kompetensi Dasar

D.    Kompetensi Dasar dari Indikator

 

10.  Prinsip-prinsip pembelajaran dengan pendekatan  Saintifik antara lain kecuali …

A.    pembelajaran berpusat pada siswa

B.     pembelajaran membentuk students’ self concept

C.     pembelajaran verbalisme

D.    pembelajaran memberikan kesempatan pada siswa untuk mengasimilasi dan mengakomodasi konsep, hukum, dan prinsip.

 

11.  Standar Penilaian menurut PP No 32 tahun 2013 adalah …

A.    kriteria mengenai mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar Peserta Didik  pada pasal 1 ayat 11.

B.     kriteria mengenai mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar Peserta Didik  pada pasal 1 ayat 12.

C.     kriteria mengenai mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar Peserta Didik  pada pasal 1 ayat 13.

D.    kriteria mengenai mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar Peserta Didik  pada pasal 1 ayat 14.

 

12.  Standar Penilaian menurut PP No 32 tahun 2013 diturunkan dalam  …

E.     Permendikbud No 21 Thn 2016

F.      Permendikbud No 22 Thn 2016

G.    Permendikbud No 23 Thn 2016

H.    Permendikbud No 24 Thn 2016

 

13.  Taksonomi Kognitif yang menjadi rujukan untuk Kurikulum 2013 dalam menyusun Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Pembelajaran  adalah …

A.    Bloom-Dyrs

B.     Anderson- Dyrs

C.     Bloom-Anderson

D.    Bloom - Krathwol

 

14.  Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan adalah kriteria mengenai pendidikan prajabatan dan kelayakan maupun mental, serta pendidikan dalam jabatan.

A.    PP no 32 Thn 2013 pasal 1 ayat 5

B.     PP no 32 Thn 2013 pasal 1 ayat 6

C.    PP no 32 Thn 2013 pasal 1 ayat 7

D.    PP no 32 Thn 2013 pasal 1 ayat 8

 

15.  Evaluasi internal sekolah berdasarkan SPM dan SNP yang dilaksanakan dengan prinsip berbasis tujuan, beracuan kriteria, berasas manfaat, dan objektif. Hasilnya digunakan sebagai dasar penyusunan RKS, pemetaan mutu sekolah, pengembangan budaya mutu, dan masukan bagi pemangku kepentingan adalah …

A.    Evauasi Diri Sekolah

B.     Evaluasi Penjaminan Mutu Sekolah

C.     Evaluasi Kinerja Sekolah

D.    Evaluasi dan Monitoring Penjaminan Mutu sekolah.

 

16.  Berikut ini penilaian pada pembelajaran dengan pendekatan saintifik , kecuali ….

A.    Penilaian Proses

B.     Penilaian Produk

C.     Penilaian Sikap.

D.    Penilaian aktivitas belajar

 

 

17.  Yang tidak terkait ruang lingkup Kajian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah …

A.    Peningkatan kualitas teori pembelajaran oleh Expert

B.     Peningkatan kualitas pemanfaatan media/sumber pembelajaran

C.     Peningkatan keterampilan belajar.

D.    Perbaikan sikap dan perilaku peserta didik.

 

18.  Perhatikan judul PTK berikut ini, “Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SDN 30 Kota Gorontalo Melalui Penerapan Strategi Pemberian Pertanyaan Terstruktur Pada Tahun Pelajaran 2016/2017”, yang menjadi fokus penelitian adalah …

A.      menulis paragraf mata pelajaran Bahasa Indonesia

B.      penerapan strategi pemberian pertanyaan terstruktur;

C.      peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf

D.      kemampuan Menulis Paragraf Bahasa Indonesia

 

19.  Pada laporan akreditasi sekolah telah disiapkan format-format yang antara lain: 1) Laporan Individu; 2) Rekapitulasi Nilai Akhir Akreditasi; 3) Laporan Kelompok akreditasi;  4) saran dan rekomendasi. Cara kerja yang benar menggunakan format-format tersebut secara berturut-turut …

A.      1,2,3 dan 4

B.      1,2,4 dan 3

C.      1,2,3 dan 4

D.      1, 3, 2, 4

 

20.  Perhatikan table data hasil visitasi di sekolah SDN X di Kabupaten Gorontalo

Standar Proses

No Butir

Bobot Butir

Skor Butir

Skor Tertimbang Perolehan

Huruf

Angka

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

19

4

A

4

16

20

3

B

3

9

21

3

B

3

9

22

3

A

4

12

23

3

A

4

12

24

3

A

4

12

25

3

A

4

12

26

3

B

3

9

27

2

A

4

8

28

2

B

3

6

29

3

A

4

12

 Jumlah

32

 

117

 

 

Jika diketahui,  “Skor Tertimbang Perolehan =  Bobot Butir X Skor Butir”, Berapakah jumlah total  Skor Tertimbang Perolehan?

 

A.      110

B.      113

C.      115

D.      117

21.  Perhatikan table berikut.

No

Komponen

Bobot Komponen

Jumlah Skor Tertimbang Maksimum

Jumlah Skor Tertimbang

Nilai Komponen Akreditasi

Nilai Komponen Akreditasi Skala Ratusan

Perolehan

-1

-2

-3

-4

-5

(6)={(5):(4)}x(3)

(7)={(6):(3)}x(100)

1

Isi

15

220

195

?

?

 

Untuk Standar Isi dapat diperoleh Nilai Komponen Akreditasi dan Nilai Komponen Akreditasi Skala Ratusan berturut-turut adalah …

A.    13.30 dan 88,64

B.     14.5 dan 90

C.     13.5 dan 92

D.    14.5 dan 92

 

22.  Perhatikan table berikut.

 

No

Komponen

Bobot Komponen

Jumlah Skor Tertimbang Maksimum

Jumlah Skor Tertimbang

Nilai Komponen Akreditasi

Nilai Komponen Akreditasi Skala Ratusan

Perolehan

-1

-2

-3

-4

-5

(6)={(5):(4)}x(3)

(7)={(6):(3)}x(100)

1

Isi

15

220

190

12,95

86,36

2

Proses

15

128

117

13.71

91.41

3

Lulusan

13

216

188

11.31

87.04

4

Tendik

15

224

194

12.99

86.61

5

Sarpras

11

308

224

8

72.73

6

Pengelolaan

10

268

227

8.47

84.7

7

Pembiayaan

10

312

273

8.75

87.5

8

Penilaian

11

244

219

9.87

89.75

Nilai Akhir Akreditasi

?

Nilai Akhir Akreditasi (Pembulatan)

?

 

Untuk kedelapan Standar dapat diperoleh Nilai Akhir Akreditasi dan Nilai Akhir Akreditasi (Pembulatan) berturut-turut adalah …

 

A.      84,76 dan 85

B.       85,76 dan 86

C.       86,76 dan 87

D.      87,76 dan 88

 

 

23.     Jika diperoleh Nilai Akreditasi (Pembulatan) Pada soal no 22 di atas, dengan demikian SDN X di Kabupaten Gorontalo berakreditasi …

A.      Akreditasi A

B.       Akreditasi B

C.       Akreditasi C

D.      Tak Terakeditasi

Related Posts

Post a Comment