1. Visi Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah adalah …
A.
terwujudnya
lembaga akreditasi sekolah/madrasah yang professional, terpercaya dan terbuka.
B.
mengembangkan
sistem penyelenggaraan akreditasi yang efektif dan efisien;
C.
mengembangkan
perangkat dan mekanisme akreditasi yang tepat dan bermutu;
D.
mengembangkan
integritas dan kompetensi pelaksana akreditasi;
2. Daerah
di Provinsi Gorontalo yang mencapai jumlah sekolah jenjang SMA negeri berada
pada Peringkat akreditasi A terbanyak tahun 2015 adalah …
A. Kota
Gorontalo
B. Kabupaten
Pohuwato
C. Kabupaten Gorontalo
D. Kabupaten
Boalemo.
3.
Badan Akreditasi
Nasional BAN-S/M yang dikenal dilingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan
diatur menurut ….
A. Peraturan Pemerintah RI No 32 Tahun 2013 , Pasal .. ayat ..
B. Peraturan Pemerintah RI No 32 Tahun 2013
C. Peraturan Pemerintah RI No 32 Tahun 2013
D. Peraturan Pemerintah RI No 32 Tahun 2013
4. Kriteria
minimal tentang sistim pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan
Republik Indonesia menurut Peraturan Pemerintah RI No 32 Tahun 2013 , adalah
...
A. Standar
Nasional Pendidikan
B. Standar
Akreditasi Nasional
C. Standar
Akreditasi Pendidikan
D. Standar
Akreditasi Sekolah.
5. Kriteria
mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup kemampuan sikap,
pengetahuan, keterampilan adalah definisi Standar kompetensi lulusan. kemampuan
sikap, pengetahuan, keterampilan disebut …
E. Standar
Isi
C. Standar Kompetensi Lulusan
F. Standar
Penilaian D. Standar
Proses.
6. Tujuan
Umum supervise adalah …
A. memberikan bantuan teknis dan bimbingan kepada guru
dan staf agar personil tersebut mampu meningkatkan kualitas kinerjanya, dalam melaksanakan
tugas dan melaksanakan proses belajar mengajar.
B. memberikan bantuan teknis kepada guru dan staf
agar personil tersebut mampu meningkatkan kualitas kinerjanya, dalam
melaksanakan tugas dan melaksanakan proses belajar mengajar.
C. memberikan bimbingan kepada guru dan staf agar
personil tersebut mampu meningkatkan kualitas kinerjanya, dalam melaksanakan
tugas dan melaksanakan proses belajar mengajar.
D. memberikan bantuan kepada guru dan staf agar
personil tersebut mampu meningkatkan kualitas kinerjanya, dalam melaksanakan
tugas dan melaksanakan proses belajar mengajar.
7. Jika anda sebagai supervisor pembelajaran maka yang pertama
disupervisi adalah Perangkat pembelajaran yang disiapkan oleh guru, yang
dimaksudkan perangkat pembelajaran tersebut adalah …
A. program tahunan, program semester, perhitungan
minggu efektif, pemetaan ki-kd, silabus dan rencana pembelajaran pendidikan
(RPP).
B. program semester, perhitungan minggu efektif, pemetaan ki-kd,
silabus dan rencana pembelajaran pendidikan (RPP).
C. program tahunan, program semester, pemetaan ki-kd, silabus dan rencana
pembelajaran pendidikan (RPP).
D. program tahunan, program semester, perhitungan minggu
efektif, silabus dan rencana pembelajaran pendidikan (RPP).
8. Standar
Proses menurut PP No 32 tahun 2013 diturunkan dalam …
A. Permendikbud No 20 Thn
2016
B. Permendikbud No 21 Thn
2016
C. Permendikbud No 22 Thn
2016
D. Permendikbud No 23 Thn
2016
9. Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berikut ini yang menjadi
kewenangan guru untuk menentukannya adalah …
A.
Kompetensi Inti dari
Standar Kompetensi lulusan
B.
Kompetensi Dasar dari
Kompetensi Inti
C.
Indikator dari
Kompetensi Dasar
D.
Kompetensi Dasar dari
Indikator
10. Prinsip-prinsip pembelajaran dengan pendekatan Saintifik
antara lain kecuali …
A. pembelajaran berpusat pada siswa
B. pembelajaran membentuk students’ self concept
C. pembelajaran verbalisme
D. pembelajaran memberikan kesempatan pada siswa untuk
mengasimilasi dan mengakomodasi konsep, hukum, dan prinsip.
11. Standar
Penilaian menurut PP No 32 tahun 2013 adalah …
A. kriteria mengenai
mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar Peserta Didik pada pasal 1 ayat 11.
B. kriteria mengenai
mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar Peserta Didik pada pasal 1 ayat 12.
C. kriteria mengenai
mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar Peserta Didik pada pasal 1 ayat 13.
D. kriteria mengenai
mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar Peserta Didik pada pasal 1 ayat 14.
12. Standar Penilaian menurut PP No 32 tahun
2013 diturunkan dalam …
E.
Permendikbud No 21 Thn
2016
F.
Permendikbud No 22 Thn
2016
G.
Permendikbud No 23 Thn
2016
H.
Permendikbud No 24 Thn
2016
13. Taksonomi Kognitif yang menjadi rujukan untuk Kurikulum 2013
dalam menyusun Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Pembelajaran adalah …
A.
Bloom-Dyrs
B.
Anderson-
Dyrs
C. Bloom-Anderson
D.
Bloom -
Krathwol
14. Standar Pendidik dan
Tenaga Kependidikan adalah kriteria mengenai pendidikan prajabatan
dan kelayakan maupun mental, serta pendidikan dalam jabatan.
A. PP no 32 Thn 2013 pasal
1 ayat 5
B. PP no 32 Thn 2013
pasal 1 ayat 6
C. PP no 32 Thn 2013
pasal 1 ayat 7
D. PP no 32 Thn 2013
pasal 1 ayat 8
15. Evaluasi
internal sekolah berdasarkan SPM dan SNP yang dilaksanakan dengan prinsip
berbasis tujuan, beracuan kriteria, berasas manfaat, dan objektif. Hasilnya
digunakan sebagai dasar penyusunan RKS, pemetaan mutu sekolah, pengembangan
budaya mutu, dan masukan bagi pemangku kepentingan adalah …
A. Evauasi Diri Sekolah
B.
Evaluasi Penjaminan Mutu Sekolah
C.
Evaluasi Kinerja Sekolah
D.
Evaluasi dan Monitoring Penjaminan Mutu
sekolah.
16. Berikut
ini penilaian pada pembelajaran dengan pendekatan saintifik ,
kecuali ….
A. Penilaian Proses
B. Penilaian Produk
C. Penilaian Sikap.
D. Penilaian aktivitas belajar
17. Yang tidak terkait
ruang lingkup Kajian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah …
A. Peningkatan
kualitas teori pembelajaran oleh Expert
B. Peningkatan kualitas
pemanfaatan media/sumber pembelajaran
C. Peningkatan
keterampilan belajar.
D. Perbaikan sikap dan
perilaku peserta didik.
18. Perhatikan judul PTK
berikut ini, “Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Bahasa Indonesia Siswa
Kelas VI SDN 30 Kota Gorontalo Melalui Penerapan Strategi Pemberian Pertanyaan
Terstruktur Pada Tahun Pelajaran 2016/2017”, yang menjadi fokus penelitian
adalah …
A. menulis
paragraf mata pelajaran Bahasa Indonesia;
B. penerapan strategi
pemberian pertanyaan terstruktur;
C. peningkatan Kemampuan
Menulis Paragraf
D. kemampuan Menulis
Paragraf Bahasa Indonesia
19. Pada laporan
akreditasi sekolah telah disiapkan format-format yang antara lain: 1) Laporan Individu;
2) Rekapitulasi Nilai Akhir Akreditasi; 3) Laporan Kelompok akreditasi; 4) saran dan rekomendasi. Cara kerja yang
benar menggunakan format-format tersebut secara berturut-turut …
A. 1,2,3 dan 4
B. 1,2,4 dan 3
C. 1,2,3 dan 4
D. 1, 3, 2, 4
20. Perhatikan table data
hasil visitasi di sekolah SDN X di Kabupaten Gorontalo
Standar Proses
No Butir |
Bobot Butir |
Skor Butir |
Skor Tertimbang Perolehan |
|
Huruf |
Angka |
|||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
19 |
4 |
A |
4 |
16 |
20 |
3 |
B |
3 |
9 |
21 |
3 |
B |
3 |
9 |
22 |
3 |
A |
4 |
12 |
23 |
3 |
A |
4 |
12 |
24 |
3 |
A |
4 |
12 |
25 |
3 |
A |
4 |
12 |
26 |
3 |
B |
3 |
9 |
27 |
2 |
A |
4 |
8 |
28 |
2 |
B |
3 |
6 |
29 |
3 |
A |
4 |
12 |
Jumlah |
32 |
|
117 |
Jika diketahui,
“Skor Tertimbang Perolehan =
Bobot Butir X Skor Butir”, Berapakah jumlah total Skor Tertimbang Perolehan?
A.
110
B.
113
C.
115
D.
117
21. Perhatikan table berikut.
No |
Komponen |
Bobot Komponen |
Jumlah Skor Tertimbang Maksimum |
Jumlah Skor Tertimbang |
Nilai Komponen Akreditasi |
Nilai Komponen Akreditasi Skala Ratusan |
Perolehan |
||||||
-1 |
-2 |
-3 |
-4 |
-5 |
(6)={(5):(4)}x(3) |
(7)={(6):(3)}x(100) |
1 |
Isi |
15 |
220 |
195 |
? |
? |
Untuk Standar Isi dapat
diperoleh Nilai
Komponen Akreditasi dan Nilai Komponen Akreditasi Skala Ratusan
berturut-turut adalah …
A. 13.30 dan 88,64
B. 14.5 dan 90
C. 13.5 dan 92
D. 14.5 dan 92
22. Perhatikan
table berikut.
No |
Komponen |
Bobot Komponen |
Jumlah Skor Tertimbang Maksimum |
Jumlah Skor Tertimbang |
Nilai Komponen Akreditasi |
Nilai Komponen Akreditasi Skala Ratusan |
Perolehan |
||||||
-1 |
-2 |
-3 |
-4 |
-5 |
(6)={(5):(4)}x(3) |
(7)={(6):(3)}x(100) |
1 |
Isi |
15 |
220 |
190 |
12,95 |
86,36 |
2 |
Proses |
15 |
128 |
117 |
13.71 |
91.41 |
3 |
Lulusan |
13 |
216 |
188 |
11.31 |
87.04 |
4 |
Tendik |
15 |
224 |
194 |
12.99 |
86.61 |
5 |
Sarpras |
11 |
308 |
224 |
8 |
72.73 |
6 |
Pengelolaan |
10 |
268 |
227 |
8.47 |
84.7 |
7 |
Pembiayaan |
10 |
312 |
273 |
8.75 |
87.5 |
8 |
Penilaian |
11 |
244 |
219 |
9.87 |
89.75 |
Nilai Akhir Akreditasi |
? |
|||||
Nilai Akhir Akreditasi (Pembulatan) |
? |
Untuk kedelapan Standar
dapat diperoleh Nilai Akhir Akreditasi dan
Nilai Akhir Akreditasi (Pembulatan) berturut-turut
adalah …
A. 84,76
dan 85
B.
85,76 dan 86
C. 86,76
dan 87
D. 87,76
dan 88
23. Jika
diperoleh Nilai Akreditasi (Pembulatan) Pada soal no 22 di atas, dengan demikian
SDN X di Kabupaten Gorontalo berakreditasi …
A. Akreditasi
A
B.
Akreditasi B
C. Akreditasi
C
D. Tak
Terakeditasi
Post a Comment
Post a Comment