Aliran-aliran dalam Filsafat pendidikan
Dalam proses pertumbuhannya, filsafat sebagai
hasil pemikiran para ahli filsafat atau para filosof sepanjang kurun waktu dengan
obyek permasalahan hidup di dunia, telah melahirkan berbagai macam pandangan.
Pandangan-pandangan para filosof itu, ada kalanya satu dengan yang lain hanya
bersifat saling kuat menguatkan, tetapi tidak jarang pula yang berbeda atau
berlawanan. Hal ini antara lain disebabkan terutama oleh pendekatan yang
dipakai oleh mereka berbeda, walaupun untuk obyek permasalahannya sama. Karena
perbedaan dalam sistem pendekatan itu, maka kesimpulan-kesimpulan yang
dihasilkan menjadi berbeda pula, bahkan tidak sedikit yang saling berlawanan.
Selain itu faktor zaman dana pandangan hidup yang melatar belakangi mereka,
serta tempat di mana mereka bermukin juga ikut mewarnai pemikiran mereka.
Menyimak
kembali sejarah pertumbuhan dan perkembangan filsafat sebagaimana yang telah
diuraikan dalam bab pertama, akan menjadi jelas adanya perbedaan tersebut di
atas. Begitu pula halnya dengan filsafat pendidikan, bahwa dalam sejarahnya
telah melahirkan berbagai pandangan atau aliran. Karena pemikiran filsafat
tidak pernah mandeg, maka keputusan atau kesimpulan yang diperolehpun tidak
pernah merupakan kesimpulan final. Oleh sebab itu, dunia percaturan filsafat -
termasuk di dalamnya filsafat pendidikan – sering kali hanya berkisar pada
permasalahan yang itu-itu juga, baik
sebagai suatu bentuk persetujuan ataupun penolakan terhadap kesimpulan yang
ada. Muhammad Noorsyam melukiskan keadaan dunia pemikiran filsafat itu, sebagai
berikut: “Bagaimanapun wujud reaksi, aksi, cita-cita, kreasi bahkan pemahaman
manusia atas segala sesuatu temasuk kepribadian ideal mereka, tersimpul di
dalam pokok-pokok ajaran suatu filsafat. Pengertian masing-masing pribadi
tentang suatu kesimpulan sebagai belum final, belum valid, tidak mutlak dan
sebagainya, memberi kebebasan pada setiap orang untuk menganut atau menolak
suatu aliran. Sikap demikian justru menjadi prakondisi bagi perkembangan
aliran-aliran filsafat. Sikap ini dikenal dalam filsafat dengan istilah electic
atau eclecticism”14)
Untuk
mengenal perkembangan pemikiran dunia filsafat pendidikan, di bawah ini akan
diuraikan garis-garis besar aliran-aliran filsafat dalam pendidikan, yaitu :
1. Aliran Progressivisme
2. Aliran Esensialisme
3. Aliran Perenialisme
4. Aliran Rekonstruksionalisme
5. Aliran Eksistensialisme
Post a Comment
Post a Comment