Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih KD yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan pada silabus. RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Berdasarkan RPP ini diharapkan dapat menerapkan pembelajaran secara 13 terprogram dan sistematis (Dewi, 2013)
Beberapa prinsip penyusunan RPP ialah: (1) memperhatikan perbedaan individu peserta didik; (2) mendorong partisipasi aktif peserta didik; (3) mengembangkan budaya membaca dan menulis; (4) memberikan umpan balik dan tindak lanjut; (5) keterkaitan dan keterpaduan, dan (6) menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (Akbar, 2013).
Menurut pendapat tersebut disimpulkan, Rencana Proses Pembelajaran (RPP) adalah paduan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran yang berisi scenario kegiatan dengan berpedoman pada tujuan pembelajaran. Dengan adanya rencana proses pembelajaran maka pembelajaran akan berlangsung dengan baik dan lebih terarah.
Akbar, Sa`dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Dewi, Mariana. 2013. Pembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Pengembangan Intelegasi Majemuk Siswa Pada Materi Sel Kelas XI SMA. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Post a Comment
Post a Comment