Beragam teknik dapat dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan belajar peserta didik, baik yang berhubungan dengan proses belajar maupun hasil belajar. Teknik pengumpulan informasi tersebut pada prinsipnya adalah cara penilaian kemajuan belajar peserta didik berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai. Penilaian kompetensi dasar dilakukan berdasarkan indikator-indikator pencapaian kompetensi yang memuat satu ranah atau lebih. Berdasarkan indikator-indikator ini dapat ditentukan cara penilaian yang sesuai, apakah dengan tes tertulis, observasi, tes praktek, dan penugasan perseorangan atau kelompok.
Untuk itu, ada tujuh teknik yang dapat digunakan, yaitu
- penilaian unjuk kerja,
- penilaian sikap,
- penilaian tertulis,
- penilaian proyek,
- penilaian produk,
- penggunaan portofolio, dan
- penilaian diri.
Post a Comment
Post a Comment