-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Manajemen Kurikulum Menurut Para Ahli

Post a Comment
Manajemen berasal dari kata “Manage” dan dalam bahasa latin berarti “manus” yang berarti memimpin, menangani, mengatur atau membimbing. Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh hasil dalam rangka pencapaian tujuan tertentu melalui atau dengan cara menggerakkan orang lain. Sedangkan menurut Made Pidarta manajemen adalah aktivitas yang saling menunjang dan sebagian besar berlangsung dalam waktu yang bersamaan.

George R Terry mendefinisikan manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan, perecanaan, pengorganisasian, penggiatan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditetepkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.

Dan Luther Gulick mengatakan bahwa manajemen adalah sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerjasama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerjasama untuk mencapai tujuan dan membuat ini lebih bermanfaat bagi kemanusiaan.

Sedangkan Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara digunakan sebagai pedoman penyenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Jadi Manajemen kurikulum adalah sebagian suatu sistem pengelolaan kurikulum yang kooperatif, komprehensif, sistemik, dan sistematik dalam rangka mewujudkan ketercapaian tujuan kurikulum. Dalam pelaksanannya, manajemen kurikulum harus dikembangkan sesuai dengan konteks manajemen berbasis sekolah ( MBS ) dan Kurikulum Tingkat Satuan Sekolah ( KTSP ).

Keterlibatan masyarakat dalam manajemen kurikulum dimaksudkan agar dapat memehami, membantu, dan mengontrol implementasi kurikulum, jadi suatu lembaga pendidikan atau sekolah selain dituntut kooperatif juga dituntut mampu mandiri dalam mengidentifikasi kebutuhan kurikulum, mendesain kurikulum, menentukan prioritas kurikulum, melaksanakan pembelajaran, menilai kurikulum, mengendalikan serta melaporkan sumber dan hasil kurikulum, baik kepada masyarakat maupun pemerintah.

Manajemen kurikulum merupakan subtansi manajemen yang utama di sekolah. Sehingga prinsip dasar manajemen kurikulum adalah berusaha agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, dengan tolak ukur pencapaian tujuan oleh siswa dan mendorong guru untuk menyusun dan terus-menerus menyempurnakan strategi pembelajarannya. Dan Manajemen kurikulum disekolah dilakukan dengan empat tahapan yakni :perencanaan, pengorganisasian dan koordinasi, pelaksanaan dan pengendalian.

Related Posts

Post a Comment