Salah satu aspek yang berpengaruh terhadap keberhasilan suatu pendidikan
adalah aspek kurikulum. Karena kurikulum merupakan salah satu komponen
dalam sistem pendidikan untuk mencapai tujuan institusional pada lembaga
pendidikan. Oleh karena itu kurikulum memegang peranan yang sangat
penting dalam mewujudkan sekolah yang bermutu.
Adapun yang mempengaruhi keberhasilan kurikulum adalah pemberdayaan bidang manajemen kurikulum atau pengelolaan kurikulum di lembaga pendidikan yang bersangkutan yang mana pengelolaan kurikulum tersebut dikoordinasi oleh pihak pimpinan lembaga dan pembantu pimpinan yang dikembangkan secara integral dalam konteks MBS dan KTSP yang sesuai dengan visi, misi lembaga pendidikan yang bersangkutan. Maka dari itu manajemen kurikulum sangatlah penting dalam suatu lembaga pendidikan.
Jadi Manajemen kurikulum adalah sebagian suatu sistem pengelolaan kurikulum yang kooperatif, komprehensif, sistemik, dan sistematik dalam rangka mewujudkan ketercapaian tujuan kurikulum. Unsur kurikulum terdiri atas tujuan, pengetahuan, proses belajara mengajar, dan evaluasi. Kerangka Dasar Kurikulum disusun berdasarkan Kelompok Mata Pelajaran, Prinsip Pengembangan Kurikulum, dan Prinsip Pelaksanaan Kurikulum. Dalam pelaksanaan kurikulum di setiap satuan pendidikan menggunakan 7 prinsip. Peran guru dalam pengembangan kurikulum di setiap satuan kerja sekolah dasar hingga perguruan tinggi memiliki peringkat utama dalam meningkatkan upaya keberhasilan pencapaian pendidikan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
Adapun yang mempengaruhi keberhasilan kurikulum adalah pemberdayaan bidang manajemen kurikulum atau pengelolaan kurikulum di lembaga pendidikan yang bersangkutan yang mana pengelolaan kurikulum tersebut dikoordinasi oleh pihak pimpinan lembaga dan pembantu pimpinan yang dikembangkan secara integral dalam konteks MBS dan KTSP yang sesuai dengan visi, misi lembaga pendidikan yang bersangkutan. Maka dari itu manajemen kurikulum sangatlah penting dalam suatu lembaga pendidikan.
Jadi Manajemen kurikulum adalah sebagian suatu sistem pengelolaan kurikulum yang kooperatif, komprehensif, sistemik, dan sistematik dalam rangka mewujudkan ketercapaian tujuan kurikulum. Unsur kurikulum terdiri atas tujuan, pengetahuan, proses belajara mengajar, dan evaluasi. Kerangka Dasar Kurikulum disusun berdasarkan Kelompok Mata Pelajaran, Prinsip Pengembangan Kurikulum, dan Prinsip Pelaksanaan Kurikulum. Dalam pelaksanaan kurikulum di setiap satuan pendidikan menggunakan 7 prinsip. Peran guru dalam pengembangan kurikulum di setiap satuan kerja sekolah dasar hingga perguruan tinggi memiliki peringkat utama dalam meningkatkan upaya keberhasilan pencapaian pendidikan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
Post a Comment
Post a Comment