Perangkat pembelajaran adalah suatu komponen yang dimiliki
oleh guru untuk digunakan dalam pembelajaran. Dengan adanya perangkat
pembelajaran ini guru lebih mudah untuk mengajar. Tersediannya perangkat
pembelajaran yang baik diperlukan agar guru dapat melatihkan
keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran. Perangkat
pembelajaran terdiri dari silabus, rencana proses pembelajaran (RPP),
lembar kerja peserta didik (LKPD).
Tersedianya perangkat
pembelajaran yang berkualitas merupakan salah satu faktor yang dapat
menunjang proses pembelajaran berjalan dengan baik dan dapat
meningkatkan mutu pendidikan ( Syafiuddin dkk, 2017).
Perangkat
pembelajaran dikatakan valid, berarti perangkat tersebut layak untuk
digunakan. Dalam hal ini validitas perangkat pembelajaran ditinjau dari
validitas isi dan validitas konstruknya. Validitas isi menunjukkan bahwa
perangkat pembelajaran yang dikembangkan didasarkan atas rasional
teoritik. Hal ini berarti dalam pengembangannya didasarkan atas
teoriteori yang digunakan sebagai pedoman dalam merumuskan dan menyusun
perangkat pembelajaran. Validitas konstruk menunjukkan keterkaitan antar
komponen-komponen dalam perangkat pembelajaran. Untuk melihat validitas
konstruk, dimintakan pendapat para ahli. Validitas perangkat
pembelajaran diperoleh melalui lembar validasi. Perangkat pembelajaran
yang dikembangkan dikatakan praktis apabila mudah dan dapat dilaksanakan
oleh guru dan siswa. Kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh
melalui lembar keterlaksanaan, angket respons siswa, dan angket respons
guru terhadap keterlaksanaan perangkat pembelajaran. Perangkat
pembelajaran dikatakan efektif, berarti perangkat pembelajaran tersebut
telah mencapai sasaran yang diharapkan. Keefektivan perangkat
pembelajaran diukur berdasarkan ketercapaian tujuan pembelajaran dengan
menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan (Mertayasa, 2012).
Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran adalah salah
satu komponen yang dipesiapkan oleh tenaga didik sebelum melakukan
kegiatan pembelajaran. Selain itu perangkat yang harus dimiliki jika
dikatakan valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran terdiri
dari silabus, rencana proses pembelajaran, lembar kerja peserta didik
(LKP), bahan ajar dan instrument evaluasi atau penilaian hasil belajar
peserta didik.
Ad Unit (Iklan) BIG
Related Posts
Cari Info atau Artikel
Klik DONASI
CARA COPY PASTE
di Ctrl C aja teksnya ya...
GRATIS.....!!
Tapi jgn lupa tulis komentarmu...
dan sebagai penyemangatku...
klik dan lihat sebentar aja pariwaranya...
Semoga ALLAH membalas kebaikanmu.
Paling dicari seTahun
- PENDIDIKAN SENI RUPA untuk ANAK USIA DINI
- Lagu Pengiring Doa Ustad Maulana
- Silabus & RPP Kurikulum 2013
- Tugas Kuliah : Keuntungan dan Kelemahan Matematika Ekonomi
- PERILAKU EKONOMI DAN KESEJAHTERAAN
- Makalah Agama; Hal-hal Yang Membatalkan Dua Kalimat Syahadat
- Tugas Kuliah; Teori Pembangunan Kontemporer
- Tugas Kuliah : Pembangunan dan Perubahan Politik
- Karakteristik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Paling dicari sePekan
- Tanya Jawab Tentang Silabus dan RPP
- LOGO SMA NEGERI 1 TILAMUTA
- Makalah Agama; Hal-hal Yang Membatalkan Dua Kalimat Syahadat
- Makalah Psikologi Pendidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini
- Tugas Kuliah; Teori Pembangunan Kontemporer
- Lagu Pengiring Doa Ustad Maulana
- Kemah Bakti Gerakan Pramuka Boalemo 2013
- PENDIDIKAN SENI RUPA untuk ANAK USIA DINI
- Silabus & RPP Kurikulum 2013
- LOGO SMA NEGERI 1 BOTUMOITO
Total Pageviews
Recent
Loading...
Recent
Loading...
Recent
Loading...
Recent
Loading...
Recent
Loading...
Post a Comment
Post a Comment