-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Proposal Skripsi : Pengembangan perangkat pembelajaran Learning Cycle

Post a Comment
BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar belakang

Pendidikan di Indonesia sejauh ini masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan merupakan perangkat fakta-fakta yang harus dihapal. Pembelajaran di kelas masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan  Kurikulum 2013 menekankan pembelajaran dengan pendekatan ilmiah (scientific approach) karena pembelajaran ini sangat sesuai dengan teori pembelajaran konstruksivisme dan melalui scientific approach ini dapat meningkatkan keterampilan-keterampilan proses sains pada siswa antara lain mengamati, menanya, menalar, mencoba (melakukan eksperimen) dan membentuk jejaring berkomunikasi (Hala dkk, 2015).

Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan cara memperbaiki proses pembelajaran. Pembelajarnya pada dasarnya adalah interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran, oleh karena itu guru dalam mengajar dituntut kesabaran, keterampilan dan sikap terbuka dalam proses belajar mengajar. Setiap guru menginginkan proses pembelajaran yang dilaksanakan menyenangkan dan berpusat pada siswa, siswa harus antusias mengacungkan tangan untuk bertanya, menjawab pertanyaan, memberikan pendapat, bertukar informasi sehingga proses belajar mengajar berlangsung baik.

Tersediannya perangkat pembelajaran yang berkualitas merupakan salah satu faktor yang dapat menunjang proses pembelajaran berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan mutu pendidikan. Perangkat pembelajaran memberikan kemudahan dan dapat membantu guru dalam proses pembelajaran berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan mutu pendidikan. Perangkat pembelajaran memberikan kemudahan dan dapat membantu guru dalam mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Oleh karena itu, yang sangat penting dilakukan sekarang ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran, dengan menggunakan suatu model pembelajaran yang menarik dalam hal ini  model pembelajaran learning cycle (siklus belajar).

 Model Learning Cycle adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada pebelajar (student centered). Model Learning Cycle merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga pebelajar dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan jalan berperanan aktif (Kulsum & Hindarto, 2011). Learning cycle (siklus belajar) merupakan model pembelajaran yang baik untuk digunakan dalam belajar, karena learning cycle (siklus belajar) ini membuat siswa aktif dalam pembelajaran sehingga siswa tidak akan bosan dalam belajar.

Salah satu materi yang diajarkan oleh guru untuk siswa adalah materi sistem gerak manusia. Sistem gerak manusia adalah materi yang diajarkan untuk siswa kelas XI. Materi sistem gerak manusia harus memerlukan antusias siswa dalam belajar Karena materi ini merupakan materi yang konkrit sehingga memerlukan antusias siswa agar dapat mengusai konsep materi yang diajarkan.

Menurut Bundu dalam Arisanti dkk (2016) siswa yang dianggap telah mengusai konsep adalah siswa yang dapat memberikan tanggapan terhadap pertanyaan/rangsangaan yang bervariasi pada kelompok atau kategori yang sama. Penguasaan konsep merupakan kemampuan siswa dalam memahami IPA secara ilmiah, baik konsep secara teori maupun penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi di SMA ..... bahwa pembelajaran cenderung berpusat pada guru karena kurangnya model pembelajaran yang digunakan sehingga siswa kurang antusias dalam belajar dan berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang baik.  Pembelajaran yang digunakan cenderung hanya menggunakan satu model pembelajaran sehingga siswa cenderung merasa bosan karena kurangnya model pembelajaran yang digunakan dan berdampak buruk bagi nilai yang dihasilkan siswa. Rata-rata nilai siswa yang diperoleh hanya di bawah standar nilai yaitu berkisar antara 60-70.

Berdasarkan uraian diatas penulis bermaksud untuk melakukan penelitian tentang “Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi pada model pembelajaran Learning Cycle (siklus belajar) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi sistem gerak manusia di SMA .......”.



1.2 Rumusan masalah
  1. Bagaimana ... ?

1.3 Tujuan Penelitian
  1.  Mendeskripsikan

1.4 Manfaat

Adapun manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini adalah :
  1. Bagi guru
  2. Bagi siswa
  3. Bagi peneliti
  4. Bagi sekolah

DAFTAR PUSTAKA

 

Akbar, Sa`dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja

              Rosdakarya

Arisanti, Wa Ode Lidya, Wahyu Sopandi & Ari Widodo. 2016. Analisis Pengusaan  

              Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Melalui Project Based

              Learning. Jurnal Pendidikan Dasar 8(1):82-95

Dewi, Mariana. 2013. Pembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi

               Pengembangan Intelegasi Majemuk Siswa Pada Materi Sel Kelas XI SMA.

               Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Fitriani, Silvia, Ali Sudin &  Atep Sujana. 2016. Penerapan Model Learning Cycle

Pada Materi Sumber Daya Alam Untuk Meningkatkan  Hasil Belajar Siswa

 Kelas IVA SDN I Depok Kecamatan Depok   Kabupaten Cirebon.  Jurnal Pena

Ilmiah 1(1):511-520

Hala, Yusminah, Sitti Saenab & Syahrir Kasim. 2015. Pembangan Perangkat

               Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Konsep

               Ekosistem Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal of EST 1(3):85-

               96

Kirnantoro & Maryana. 2017. Anatomi Fisiologi.Yogyakarta: PT. Pustaka Baru

Kulsum, N & N. Hindarto. 2011. Penerapan Model Learning Cycle Pada Sub Pokok

Bahasan Kalor Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa

Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7(2011): 128-133

Mertayasa, Dewa Made. 2012. Pembangan Perangkat Pembelajaran Matematika

               Berorientasi Masalah Realistik Untuk Model Pembelajaran Peningkatan

               Kemampuan Berpikir Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar

               Matematika Siswa Kelas VIII. Tesis. Program Pascasarjana Universitas

               Pendidikan  Ganesha. Bali.

Ngalimun, 2017. Strategi Pembelajaran.Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu

Yunus, Hamzah & Heldy Vanni Alam. 2014. Perencanaan Pembelajaran Berbasis

Kurikulum 2013. Yogyakarta: CV Budi Utama

Rahmadi, Furdan. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis

Pemecahan Masalah Berorientasi pada Kemampuan Penalaran dan

Komunikasi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika 10(2):137-145

Rahman, Aditya. 2012. Implementasi Model Pembelajaran  LEARNING CYCLE 7E

Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI TITL 2 SMK

 N 2 Pengasih. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika

Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Rejeki, Dwi Putri, M. Hasan & Abdul Gani Haji. 2015. Penerapan Model

Pembelajaran Larning Cycle 5E Pada Materi  Kelanjutan Dan Hasil Kali

Kelarutan Untuk Meningkatkan Hasil  Belajar Dan Sikap Peserta Didik SMAN

1 Krueng Barona Jaya. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 3(1): 19-26

Soewolo. 2000. Pengantar Fisiologi Hewan. Proyek Pengembangan Guru Sekolah

Menengah Departemen pendidikan Nasional

Sugiyono. 2018. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:

            Penerbit Alfabeta

Susongko, Puwo. 2010. Perbandingan Keefektifan Bentuk Tes Uraian Dan Testlet

Dengan Penerapan Granded Response Model (GRM). Jurnal Penelitian dan

Evaluasi Pendidikan 14(2):269-288

Sutianti, Wiwik. 2014. Penerapan Model Siklus Belajar 5E (LEARNING CYCLE)

Melalui PUZZLE Gelkon (Gelas Konsep) Sebagai Media Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XB SMAN 6 Kota Bengkulu. Sripsi.

Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Bengkulu. Bengkulu

Syafiuddin, Yusminah Hala & Muhammad Danial. 2017. Pembangan  Perangkat

               Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Peserta Didik MAN

               Dampang  Bantaeng. Jurnal Bionature 17(1):48-57

Yazid, Khairul. 2016. Valididtas buku saku materi ekologi untuk siswa kelas X SMA.

Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Zubaidah. 2010. Penguasaan Konsep oleh Siswa Melalui metode Problem Solving pada Konsep Sistem Respirasi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Islam negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

 



Mau lengkap tinggalkan jejak di komentar
dan
kirim e-mail di
creativemediaboalemo@gmail.com

Related Posts

Post a Comment