Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial. Model pembelajaran mengacu pada pendekatan pembelajaran yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pengajaran, tahap-tahap dalam kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengeololaan kelas.
Hal ini sesuai dengan pendapat Joyce (1992) bahwa “each model guides us as we design instruction to help students achieve various objectives”, maksud kutipan tersebut adalah bahwa swetiap model mengarahkan kita dalam merancang pembelajaran untuk membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran.
Model pembelajaran mengacu pada pendekatan pembelajaran yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pengajaran, tahap-tahap kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau pola yang dapat kita gunakan untuk mendesain pola-pola mengajar secara tatap muka di dalam kelas atau mengatur tutorial, dan untuk menentukan material atau perangkat pembelajaran termasuk di dalamnya buku-buku, filim-film dan sebagainya.
Hal ini searah dengan konsep KTSP dimana ada beberapa bagiannya mengandung konsep pembelajaran terpadu. Hal ini menunjukkan bahwa keterpaduan dalam kurikulum sekarang ini merupakan hal yang sangat penting, mengingat kondisi siswa yang kita hadapi sangat kompleks. Banyak siswa-siswi kita sudah bisa mengkonstruksi pembelajaran melalui informasi-informasi yang didapatkan sehingga bisa mendapatkan arti dari materi yang nantinya akan diajarkan oleh gurunya.
Daftar Pustaka
Prabowo, 2000, “Pendidikan Fisika Dalam Mengantisipasi Tantangan Abad XXI”Pidato. Pengukuhan Peresmian Jabatan Guru Besar Madya Ilmu Pendidikan Fisika pada Jurusan Fisika FMIPA UNESA pada tanggal 16 Mei 2000. Surabaya. IKIP Surabaya.
Depdiknas, 1996, Pembelajaran Terpadu D-II PGSD dan S-2 Pendidikan Dasar Jakarta : Depdiknas.
Depdiknas, 2002, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta : Depdiknas.
Slavin,R.E.1997. Educational Psychology Theory, Research, and Practice, Fifth Edition, Massachussetss: Allyn and Bacon Publishers.
Prinhantoro, L., O., dan Liliasari, 1986, IPA Terpadu, Jakarta : Depdikbut Universitas Terbuka
Post a Comment
Post a Comment