-->

Ad Unit (Iklan) BIG

LAPORAN PERENCANAAN USAHA BERDASARKAN KEBUTUHAN DAN KERAJINAN ( KEMEJA BATIK )

Post a Comment

TUGAS PRAKARYA

LAPORAN PERENCANAAN USAHA

BERDASARKAN KEBUTUHAN DAN KERAJINAN

( KEMEJA BATIK )

 

LOGO

 

DISUSUN OLEH

 

BAMBANG PRATMAN NAHU

NURAIN KOLINGO

 

MAN 1 BOALEMO

2022


 

 

PEMBUATAN BATIK

          

FOTO / GAMBAR

   

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT karena berkat Rahmat, nikmat, dan karunia NYA lah kami dapat menyelesaikan Laporan Perencanaan Usahal ini sehingga penyusun dapat menjelaskan pembuatan Laporan Perencanaan Usaha ini. Laporan Perencanaan Usaha ini kami buat sebagai salah satu kewajiban dalam menjalankan tugas mata pelajaran Prakarya. Disamping itu Laporan Perencanaan Usaha ini merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan nilai pada tugas sekolah di MAN 1 Boalemo  Tahun ajaran 2022/ 2023.

Dalam penyusunan Tugas Laporan Perencanaan Usahal ini tak luput dari bantuan beberapa pihak yang telah membimbing dalam pembuatan Laporan Perencanaan Usahal ini,dan kami mengucapkan banyak terimakasih.

Akhirnya kami menyadari Laporan Perencanaan Usahal ini masih belum sempurna namun, perlu kami sampaikan. Semoga hasil kecil ini bermanfaat bagi pembaca dan dapat membawa manfaat dalam pengembangan dan peningkatan mutu.

 

DAFTAR ISI

 

SAMPUL JUDUL                                                                                                                                  

KATA PENGANTAR .........................................................................................................                   I

DAFTAR ISI.....................................................................................................................                   II

BAB I PENDAHULUAN....................................................................................................                   1

1.1  LATAR BELAKANG....................................................................................................                   1

1.2  RUMUSAN MASALAH...............................................................................................

1.3  TUJUAN...................................................................................................................                    1

BAB II PEMBAHASAN....................................................................................................                    6

2.1 PERENCANAAN USAHA KEMEJA BATIK..................................................................                     6

2.2 2.2 PERHITUNGAN HARGA DALAM USAHA KEMEJA BATIK...................................                    7

2.3  PROMOSI DALAM USAHA KEMEJA BATIK.............................................................                    7

2.4 STRATEGI PENJUALAN KEMEJA BATIK ...................................................................                    7

BAB III PENUTUP.........................................................................................................                      8

3.1 KESIMPULAN.........................................................................................................                      8

3.2 SARAN

BAB  I
PENDAHULUAN

2.1.    LATAR  BELAKANG

           Batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. Momentum tersebut mestinya dimaknai oleh segenap negeri ini untuk meningkatkan harkat hidup para pengrajin dan buruh batik tradisional. Selain menjadi warisan budaya yang termashur batik juga harus bisa menjadi leverage ekonomi kerakyatan. Dengan makin banyaknya pertumbuhan produk-produk batik yang ada, masyarakat berlomba-lomba meningkatkan produksinya dalam memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Meskipun tak mudah dalam perusahaan dalam meningkatkan produksinya, maka harus di tetapkan hal-hal yang khusus untuk meningkatkan produk pemasaran.

Persaingan antar perusahaan yang semakin ketat antar perusahaan, sebagai produsen harus pintar-pintar mengehatui apa yang di inginkan oleh konsumen, Dengan adanya peningkatan produksi Batik Jumputan merupakan kunci keberhasilan bagi perusahaan di dalam dunia usaha.

 

1.2  RUMUSAN MASALAH

1.            Bagaimana perencanaan usaha kemeja batik

2.            Bagaimana perhitungan harga dalam usaha kemeja batik

3.            Bagaimana Promosi yang dilakukan dalam usaha kemeja batik

4.            Bagaimana strategi penjualan kemeja batik

 

1.3  TUJUAN

1.            Agar Mampu Mengetahui Bagaimana perencanaan usaha kemeja batik

2.            Agar Mengetahui Bagaimana perhitungan harga dalam usaha kemeja batik

3.            Agar Mengetahui Bagaimana Promosi yang dilakukan dalam usaha kemeja batik

4.            Agar Mengetahui dan Memahami strategi penjualan kemeja batik

BAB  II
PEMBAHASAN

 

2.1 PERENCANAAN USAHA KEMEJA BATIK

A.    ASPEK PERENCANAAN USAHA

Dalam laporan perencanaan usaha ini terdapat empat aspek penting yang perlu diperhatikan, yaitu:

1.            Aspek organisasi/manajemen, berkaitan dengan nama perusahaan, bidang usaha, nama pemilik/pimpinan, jumlah karyawan, serta organisasi.

2.            Aspek pemasaran, berkaitan dengan perkembangan pasar saat ini, prospek pasar dan pemasran, sasaran pemasaran, dan rencana penjualan pertahun dari produk yang akan di pasarkan.

3.            Aspek produksi/operasi, berkaitan dengan rencana pendirian, perluasan, dan pengoperasian.

4.            Aspek keuangan, berkaitan dengan masalah kebutuhan dana untuk investasi dan modal kerja, penggunaan dana, kalkulasi biaya, proyeksi pendapatan, dan jadwal pengambilan pinjaman dan laporan keuangan.

 

B. JENIS PRODUK YANG DI PRODUKSI

Jenis Produk yang akan  dibuat  yaitu kemeja batik.

 

C. HAL PENTING DALAM PEMBUATAN PRODUK

Dalam proses pembuatan kemeja batik  perlu ditetapkan beberapa hal, di antaranya menganalisa bahan dan alat yang diperlukan dalam pembuatan kemeja batik, antara lain:

  • Jenis kain
  • Warna kain
  • Benang
  • Mesin jahit

2.2 PERHITUNGAN HARGA DALAM USAHA KEMEJA BATIK

Estimasi biaya dalam usaha yaitu :

No

Nama Barang

Banyak Barang

Harga

Beli

Harga Jual

Laba

Jumlah

1.

Hem Batik

1 kodi

Rp.90.000,

Rp. 95.000,

Rp.5.000,

Rp.1.140.000,

2

Kemeja Batik

1 kodi

Rp.95.000,

Rp.100.000,

Rp.5.000,

Rp. 1.200.000,

3.

Blus Batik

1 kodi

Rp.90.000,

Rp. 95.000,

Rp.5.000,

Rp. 1.140.000,

4.

Batik Muslimah

1kodi

Rp.110.000,

Rp.115.000,

Rp.5.000,

Rp. 1.380.000,

5.

Batik Anak

1 kodi

Rp. 30.000,

Rp. 35.000,

Rp. 5.000,

Rp. 420.000

6.

Kain Batik

10meter

Rp. 70.000,

Rp. 75.000,

Rp. 5.000,

Rp. 750.000

 

2.3  PROMOSI DALAM USAHA KEMEJA BATIK

Promosi adalah metode untuk memasarkan produk dan bisnis Anda kepada calon pelanggan Anda. Tujuan utamanya adalah untuk memberi tahu semua orang bahwa Anda menjalankan bisnis Anda, sehingga mereka tahu bahwa Anda memulai bisnis penjualan pakaian batik dan agar calon pelanggan tertarik untuk membeli barang yang kita jual.

Strategi promosi yang akan dijalankan antara lain :

·         Membuat pemflet-pamflet berisi praduk-produk baru yang akan di temple tiap bulannya.

·         Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring social maupun forum

·         Membuat catalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate

 

2.4 STRATEGI PENJUALAN KEMEJA BATIK

Dalam memasarkan hasil produksi ini selalu menghasilkan berbagai
macam karya seperti sempel yang ada, dengan kualitas yang semakin ditingkatkan dan berusaha untuk menjaga kualitas produk agar di sukai oleh pembeli / konsumen
.

1. Pemasaran Tempat / lokasi

Pemasaran yang di inginkan oleh perusahaan yaitu :

        Letak wilayah yang strategis

        Mudah dijangkau oleh konsumen

        Tenaga kerja mudah di dapat

        Sarana angkutan mudah dan murah

        Secara offline dan online

2.    Target  pemasaran

Target pemasaran merupakan suatu motifasi untuk mempermudah sarana atau tempat yang luas dengan melihat segmentasi pasar dan target pemasaran dengan memperbanyak pilihan.

3. Hasil yang dicapai

Dalam proses pembuatan produk dari bahan baku menjadi bahan jadi, produsen harus meningkatkan hasil usahanya agar mendapatkan keuntungan. Dimana untuk mencapai keuntungan pada produsen harus mengambil langkah-langkah sebagai berikut :

·         Memilih tempat yang strategis

·         Menetapkan harga yang sesuai dengan harga pasar

·         Memperhatikan total hasil penerimaan penjualan serta total biaya yang sudah dikeluarkan

·         Memberikan lapangan kerja bagi masyarakat,

Penjualan produk harus mempunyai daya tarik tersendiri bagi para konsumen atau penikmat produk. Karena itu penjual harus lebih pintar dan kreatif serta inofatif dalam menciptakan hasil karyanya seperti mode dan corak agar usahanya mampu bergerak dan bersaing dengan yang lainnya

BAB V
PENUTUP

 

3.1.    KESIMPULAN

          Setelah kami mengumpulkan berbagai macam bahan berupa data maupun fakta dan penyusunannya menjadi sebuah Laporan Perencanaan Usaha sebagai Tugas Prakarya, kami menyimpulkan bahwa :

·         Tugas Laporan Perencanaan Usaha ini  sangat bermanfaat bagi kami untuk memperluas dan memperdalam wawasan kami mengenai peranan berwirausaha

·         Dengan pelaksanaan uji praktek ini akan menambah pengalaman kami supaya nantinya disiplin dalam bekerja

·         Strategi yang baik akan mendukung dalam berwirausaha, dan strategi yang  kurang akan menghambat dalam berwirausaha.

·         Pentingnya pelayanan prima dapat mempengaruhi keberhasilan dalam berwirausaha.

 

3.2 SARAN

Berdasarkan hasil  yang telah dibahas pada bab, maka  kami mengharapkan masukan yang dapat diberikan oleh berbagai pihak:

               Untuk masyarakat, agar bisa lebih menghargai warisan budaya Indonesia sekaligus bangga akan produk nasional. Serta masyarakat bisa melakukan berbagai inovasi yang kreatif yang dapat mendukung perkembangan batik di Indonesia.

DAFTAR PUSTAKA

 

repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/27738/3/Chapter%20II

krisnanwijaya.blogspot.com/2013/10/

puribatiksolo.blogspot.com/2010/03/usahabatiknusantara indonesia

 

Newest Older

Related Posts

Post a Comment