TUGAS PRAKARYA
LAPORAN PERENCANAAN USAHA
BERDASARKAN KEBUTUHAN DAN KERAJINAN
( KEMEJA BATIK )
LOGO
DISUSUN OLEH
BAMBANG PRATMAN NAHU
NURAIN KOLINGO
MAN 1 BOALEMO
2022
PEMBUATAN BATIK
FOTO / GAMBAR
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada
Allah SWT karena berkat Rahmat, nikmat, dan karunia NYA lah kami dapat
menyelesaikan Laporan Perencanaan Usahal ini sehingga penyusun dapat
menjelaskan pembuatan Laporan Perencanaan Usaha ini. Laporan Perencanaan Usaha
ini kami buat sebagai salah satu kewajiban dalam menjalankan tugas mata pelajaran Prakarya. Disamping itu Laporan
Perencanaan Usaha ini merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan nilai pada
tugas sekolah di MAN 1
Boalemo Tahun ajaran 2022/ 2023.
Dalam penyusunan Tugas Laporan
Perencanaan Usahal ini tak luput dari bantuan beberapa pihak yang telah
membimbing dalam pembuatan Laporan Perencanaan Usahal ini,dan kami mengucapkan
banyak terimakasih.
Akhirnya kami menyadari Laporan
Perencanaan Usahal ini masih belum sempurna namun, perlu kami sampaikan. Semoga
hasil kecil ini bermanfaat bagi pembaca dan dapat membawa manfaat dalam
pengembangan dan peningkatan mutu.
DAFTAR ISI
SAMPUL JUDUL
KATA PENGANTAR
......................................................................................................... I
DAFTAR ISI..................................................................................................................... II
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................................... 1
1.1 LATAR BELAKANG.................................................................................................... 1
1.2 RUMUSAN MASALAH...............................................................................................
1.3 TUJUAN................................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN.................................................................................................... 6
2.1 PERENCANAAN
USAHA KEMEJA BATIK.................................................................. 6
2.2 2.2 PERHITUNGAN HARGA DALAM USAHA KEMEJA BATIK................................... 7
2.3
PROMOSI DALAM USAHA KEMEJA BATIK............................................................. 7
2.4 STRATEGI PENJUALAN KEMEJA BATIK ................................................................... 7
BAB III PENUTUP......................................................................................................... 8
3.1 KESIMPULAN......................................................................................................... 8
3.2 SARAN
BAB I
PENDAHULUAN
2.1. LATAR
BELAKANG
Batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. Momentum tersebut mestinya
dimaknai oleh segenap negeri ini untuk meningkatkan harkat hidup para pengrajin
dan buruh batik tradisional. Selain menjadi warisan budaya yang termashur batik
juga harus bisa menjadi leverage ekonomi kerakyatan. Dengan makin banyaknya pertumbuhan
produk-produk batik yang ada, masyarakat berlomba-lomba meningkatkan
produksinya dalam memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Meskipun tak mudah
dalam perusahaan dalam meningkatkan produksinya, maka harus di tetapkan hal-hal
yang khusus untuk meningkatkan produk pemasaran.
Persaingan antar perusahaan yang
semakin ketat antar perusahaan, sebagai produsen harus pintar-pintar mengehatui
apa yang di inginkan oleh konsumen, Dengan adanya peningkatan produksi Batik
Jumputan merupakan kunci keberhasilan bagi perusahaan di dalam dunia
usaha.
1.2 RUMUSAN
MASALAH
1.
Bagaimana perencanaan
usaha kemeja batik
2.
Bagaimana perhitungan
harga dalam usaha kemeja batik
3.
Bagaimana Promosi yang
dilakukan dalam usaha kemeja batik
4.
Bagaimana strategi
penjualan kemeja batik
1.3 TUJUAN
1.
Agar Mampu Mengetahui
Bagaimana perencanaan usaha kemeja batik
2.
Agar Mengetahui
Bagaimana perhitungan harga dalam usaha kemeja batik
3.
Agar Mengetahui
Bagaimana Promosi yang dilakukan dalam usaha kemeja batik
4.
Agar Mengetahui dan
Memahami strategi penjualan kemeja batik
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PERENCANAAN USAHA KEMEJA
BATIK
A. ASPEK PERENCANAAN USAHA
Dalam laporan perencanaan usaha ini terdapat
empat aspek penting yang perlu diperhatikan, yaitu:
1.
Aspek organisasi/manajemen,
berkaitan dengan nama perusahaan, bidang usaha, nama pemilik/pimpinan, jumlah
karyawan, serta organisasi.
2.
Aspek pemasaran, berkaitan dengan
perkembangan pasar saat ini, prospek pasar dan pemasran, sasaran pemasaran, dan
rencana penjualan pertahun dari produk yang akan di pasarkan.
3.
Aspek produksi/operasi, berkaitan
dengan rencana pendirian, perluasan, dan pengoperasian.
4.
Aspek keuangan, berkaitan dengan
masalah kebutuhan dana untuk investasi dan modal kerja, penggunaan dana,
kalkulasi biaya, proyeksi pendapatan, dan jadwal pengambilan pinjaman dan
laporan keuangan.
B. JENIS PRODUK
YANG DI PRODUKSI
Jenis Produk yang
akan dibuat yaitu kemeja batik.
C. HAL PENTING DALAM PEMBUATAN PRODUK
Dalam proses pembuatan kemeja batik perlu ditetapkan beberapa hal, di
antaranya menganalisa bahan dan alat yang diperlukan
dalam pembuatan kemeja batik, antara lain:
- Jenis kain
- Warna kain
- Benang
- Mesin jahit
2.2 PERHITUNGAN HARGA DALAM USAHA KEMEJA BATIK
Estimasi
biaya dalam usaha yaitu :
No |
Nama Barang |
Banyak Barang |
Harga Beli |
Harga Jual |
Laba |
Jumlah |
1. |
Hem Batik |
1 kodi |
Rp.90.000, |
Rp. 95.000, |
Rp.5.000, |
Rp.1.140.000, |
2 |
Kemeja Batik |
1 kodi |
Rp.95.000, |
Rp.100.000, |
Rp.5.000, |
Rp. 1.200.000, |
3. |
Blus Batik |
1 kodi |
Rp.90.000, |
Rp. 95.000, |
Rp.5.000, |
Rp. 1.140.000, |
4. |
Batik Muslimah |
1kodi |
Rp.110.000, |
Rp.115.000, |
Rp.5.000, |
Rp. 1.380.000, |
5. |
Batik Anak |
1 kodi |
Rp. 30.000, |
Rp. 35.000, |
Rp. 5.000, |
Rp. 420.000 |
6. |
Kain Batik |
10meter |
Rp. 70.000, |
Rp. 75.000, |
Rp. 5.000, |
Rp. 750.000 |
2.3 PROMOSI DALAM USAHA KEMEJA BATIK
Promosi adalah metode untuk memasarkan produk dan bisnis Anda kepada
calon pelanggan Anda. Tujuan utamanya adalah untuk memberi tahu semua orang
bahwa Anda menjalankan bisnis Anda, sehingga mereka tahu bahwa Anda memulai
bisnis penjualan pakaian batik dan agar calon pelanggan tertarik untuk membeli
barang yang kita jual.
Strategi promosi yang akan dijalankan antara lain :
·
Membuat pemflet-pamflet
berisi praduk-produk baru yang akan di temple tiap bulannya.
·
Melakukan iklan-iklan di
dunia internet baik melalui situs jejaring social maupun forum
·
Membuat catalog-katalog
mengenai fashion yang sedang uptodate
2.4 STRATEGI PENJUALAN KEMEJA BATIK
Dalam memasarkan hasil produksi
ini selalu menghasilkan berbagai
macam karya seperti sempel yang ada, dengan kualitas yang semakin ditingkatkan
dan berusaha untuk menjaga kualitas produk agar di sukai oleh pembeli /
konsumen.
1. Pemasaran Tempat /
lokasi
Pemasaran yang di inginkan oleh
perusahaan yaitu :
•
Letak wilayah yang strategis
•
Mudah dijangkau oleh konsumen
•
Tenaga kerja mudah di dapat
•
Sarana angkutan mudah dan murah
•
Secara offline dan
online
2. Target
pemasaran
Target pemasaran merupakan suatu
motifasi untuk mempermudah sarana atau tempat yang luas dengan melihat segmentasi pasar dan target pemasaran dengan memperbanyak pilihan.
3. Hasil yang dicapai
Dalam proses pembuatan produk
dari bahan baku menjadi bahan jadi, produsen harus meningkatkan hasil usahanya
agar mendapatkan keuntungan. Dimana untuk mencapai keuntungan pada produsen
harus mengambil langkah-langkah sebagai berikut :
·
Memilih tempat yang strategis
·
Menetapkan harga yang sesuai
dengan harga pasar
·
Memperhatikan total hasil
penerimaan penjualan serta total biaya yang sudah dikeluarkan
·
Memberikan lapangan kerja bagi
masyarakat,
Penjualan produk harus mempunyai daya tarik tersendiri bagi para
konsumen atau penikmat produk. Karena itu penjual harus lebih pintar dan
kreatif serta inofatif dalam menciptakan hasil karyanya seperti mode dan corak agar usahanya mampu bergerak dan bersaing dengan yang lainnya
BAB V
PENUTUP
3.1. KESIMPULAN
Setelah kami mengumpulkan berbagai macam bahan berupa
data maupun fakta dan penyusunannya menjadi sebuah Laporan Perencanaan Usaha
sebagai Tugas Prakarya, kami menyimpulkan bahwa :
·
Tugas Laporan Perencanaan Usaha
ini sangat bermanfaat bagi kami
untuk memperluas dan memperdalam wawasan kami mengenai peranan berwirausaha
·
Dengan pelaksanaan uji praktek
ini akan menambah pengalaman kami supaya nantinya disiplin
dalam bekerja
·
Strategi yang baik akan mendukung
dalam berwirausaha, dan strategi yang kurang akan menghambat dalam
berwirausaha.
·
Pentingnya pelayanan prima dapat
mempengaruhi keberhasilan dalam berwirausaha.
3.2 SARAN
Berdasarkan
hasil yang telah dibahas pada bab,
maka kami mengharapkan masukan yang
dapat diberikan oleh berbagai pihak:
Untuk masyarakat, agar bisa
lebih menghargai warisan budaya Indonesia sekaligus bangga akan produk
nasional. Serta masyarakat bisa melakukan berbagai inovasi yang kreatif yang
dapat mendukung perkembangan batik di Indonesia.
DAFTAR PUSTAKA
repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/27738/3/Chapter%20II
krisnanwijaya.blogspot.com/2013/10/
puribatiksolo.blogspot.com/2010/03/usahabatiknusantara
indonesia
Post a Comment
Post a Comment