-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Perkembangan Moral, Sosial dan Sikap Anak

Post a Comment

  


Orang tua sangat dianjurkan bahwa selain membrikan bimbingan juga harus mengajarkan bagaimana anak bergaul dalam masyarakat dengan tepat, dan dituntut menjadi teladan yang baik bagi anak, mengembangkan keterampilan anak dalam bergaul dan meberikan penguatan melalui pemberian hadiah kepada anak apabila berbuat atau berprilaku positif. 

Terdapat bermacam hadiah yang sering kali diberikan kepada anak, yaitu yang berupa materiil dan non materiil. Hadiah tersebut diberikan dengan maksud agar pada kemudian hari anak berperilaku lebih positif dan dapat diterima dalam masyarakat luas. Fungsi hadiah bagi anak, antara lain: 

  1. memiliki nilai pendidikan,
  2. memberikan motivasi kepada anak,
  3. memperkuat perilaku dan
  4. memberikan dorongan agar anak berbuat lebih baik lagi.
Selain pemberian hadiah dirasa perlu juga pemberian sanksi atau hukuman, Hukuman yang diberikan kepada anak adalah: 
  1. fungsi restruktif, 
  2. fungsi pendidikan, 
  3. sebagai penguat motivasi.
Syarat pemberian hukuman adalah: 
  1. segera diberikan, 
  2. konsisten, 
  3. konstruktif, 
  4. impresional artinya tidak ditujukan kepada pribadi anak melainkan kepada perbuatannya, 
  5. harus disertai alasan, 
  6. sebagai alat kontrol diri, 
  7. diberikan pada tempat dan waktu yang tepat.
Anak memilki kemampuan tenggang rasa dan kerja sama yang lebih tinggi, bahkan ada di antara mereka yang menampakan tingkah laku mendekati tingkah laku anak remaja permulaan. Anak aktif bergerak dan mempunyai perhatian yang besar pada lingkungan, mereka mempunyai karakteristik sendiri, di mana dalam proses berfikirnya, mereka belum dapat dipisahkan dari dunia kongkrit atau hal-hal yang faktual, sedangkan perkembangan psikososial anak usia sekolah dasar masih berpijak pada prinsip yang sama di mana mereka tidak dapat dipisahkan dari hal-hal yang dapat diamati, karena mereka sudah diharapkan pada dunia pengetahuan.


Related Posts

Post a Comment