-->

Ad Unit (Iklan) BIG

LAPORAN PERENCANAAN USAHA BERDASARKAN KEBUTUHAN DAN KERAJINAN ( KERAJINAN CAPING )

Post a Comment
TUGAS PRAKARYA

LAPORAN PERENCANAAN USAHA

BERDASARKAN KEBUTUHAN DAN KERAJINAN

( KERAJINAN CAPING )



LOGO



DISUSUN OLEH



ANISA JUNUDING

ELSA PUTRI PAKAYA



MAN 1 BOALEMO

2022





PROSES PEMBUATAN CAPING





FOTO / GAMBAR







KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT karena berkat Rahmat, nikmat, dan karunia NYA lah kami dapat menyelesaikan Laporan Perencanaan Usahal ini sehingga penyusun dapat menjelaskan pembuatan Laporan Perencanaan Usaha ini. Laporan Perencanaan Usaha ini kami buat sebagai salah satu kewajiban dalam menjalankan tugas mata pelajaran Prakarya. Disamping itu Laporan Perencanaan Usaha ini merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan nilai pada tugas sekolah di MAN 1 Boalemo  Tahun ajaran 2022/ 2023.

Dalam penyusunan Tugas Laporan Perencanaan Usaha ini tak luput dari bantuan beberapa pihak yang telah membimbing dalam pembuatan Laporan Perencanaan Usahal ini,dan kami mengucapkan banyak terimakasih.

Akhirnya kami menyadari Laporan Perencanaan Usahal ini masih belum sempurna namun, perlu kami sampaikan. Semoga hasil kecil ini bermanfaat bagi pembaca dan dapat membawa manfaat dalam pengembangan dan peningkatan mutu.


 

DAFTAR ISI

 

SAMPUL JUDUL                                                                                                                                  

KATA PENGANTAR .........................................................................................................                   I

DAFTAR ISI.....................................................................................................................                   II

BAB I PENDAHULUAN....................................................................................................                   1

1.1  LATAR BELAKANG....................................................................................................                   1

1.2  RUMUSAN MASALAH...............................................................................................

1.3  TUJUAN...................................................................................................................                    1

BAB II PEMBAHASAN....................................................................................................                    6

2.1 PERENCANAAN USAHA KERAJINAN CAPING..................................................................             6

2.2 PERHITUNGAN HARGA DALAM USAHA KERAJINAN CAPING...................................                  7

2.3  PROMOSI DALAM USAHA KERAJINAN CAPING.............................................................            7

2.4 STRATEGI PENJUALAN KERAJINAN CAPING ...................................................................            7

BAB III PENUTUP.........................................................................................................                      8

3.1 KESIMPULAN.........................................................................................................                      8

3.2 SARAN


BAB  I
PENDAHULUAN

 

2.1.    LATAR  BELAKANG

Bambu merupakan salah satu jenis tumbuhan yang termasuk dalam keluarga rumput – rumputan tertinggi di dunia. Banyak jenis bambu, salah satunya bambu tali. Batang yang masi muda, karena lunak biasa dimanfaatkan oleh bu di dapur untuk dibuat saur bersantan yang rasanya enak dan biasa disebut sayur rebung. Batang yang sudah keras, dimanfaatkan  oleh banyak orang untuk membuat berbagai macam peralatan dapur, perabot rumah, kerajinan, dan lain – lain. Di daerahku, Boalemo, bambu dimanfaatkan oleh banyak orang untuk membuat Caping.

Apa itu Caping? Caping (Tudung) merupakan sejenis topi lebar yang terbuat dari caping yang banyak digunakan oleh petani untuk ke sawah, yaitu untuk melindungi kepala dari panas dan hujan.

 

1.2  RUMUSAN MASALAH

1.            Bagaimana perencanaan usaha kerajinan caping

2.            Bagaimana perhitungan harga dalam usaha kerajinan caping

3.            Bagaimana Promosi yang dilakukan dalam usaha kerajinan caping

4.            Bagaimana strategi penjualan kerajinan caping

 

1.3  TUJUAN

1.            Agar Mampu Mengetahui Bagaimana perencanaan usaha kerajinan caping

2.            Agar Mengetahui Bagaimana perhitungan harga dalam usaha kerajinan caping

3.            Agar Mengetahui Bagaimana Promosi yang dilakukan dalam usaha kerajinan caping

4.            Agar Mengetahui dan Memahami strategi penjualan kerajinan caping

  

BAB  II
PEMBAHASAN

 2.1 PERENCANAAN USAHA KERAJINAN CAPING

A.    ASPEK PERENCANAAN USAHA

Dalam laporan perencanaan usaha ini, bahan baku bambu merupakan bahan yang mudah didapatkan di kebun-kebun yang ada di pedesaaan. Bambu bisa tumbuh dimana saja yang cocok dengan ekosistemnya. Karena jumlahnya yang banyak, maka bambu tersebut dapat dimanfaatkan sebagai karya kerajinan.

Bambu dapat dihasilkan untuk kerajinan dengan motif, corak dan bentuk yang berbeda-beda seunik mungkin.

 

B. JENIS PRODUK YANG DI PRODUKSI

Jenis Produk yang akan  dibuat  yaitu kerajinan caping. Caping (Tudung) merupakan sejenis topi lebar yang terbuat dari caping yang banyak digunakan oleh petani untuk ke sawah, yaitu untuk melindungi kepala dari panas dan hujan.

 

C. HAL PENTING DALAM PEMBUATAN PRODUK

Dalam proses pembuatan kerajinan caping  alat yang diperlukan, antara lain:

·         Bambu

·         Gergaji

·         Golok

·         Pisau Raut

Adapun cara membuatnya sebagai berikut:

1.                     Pilih bambu yang berukuran sedang dan yang tidak terlalu tua, lalu potong menurut ruasnya.

2.                     Kemudian kli bagian luar setiap ruas bambu dikerik agar mudah dianyam ( tidak keras)

3.                     Lalu dibelah kira – kira berukuran 1cm – 1cm

4.                     Setelah itu, belahan bamboo tersebut dicuik ( dibuat lembaran – lembaran tipis agar bias dianyam)

5.                     Setelah menjadi lembaran tipis, lalu dijemur sampai kerimg agar tidak mudah ditumbuhi jamur

6.                     Setelah kering lalu dianyam

7.                     Dalam menganyam lembaran bambu untuk membuat caping, berbeda dengan menganyam tikar karena, dalam membuat caping dibagian tengah anyaman dibuat pelik (penanda tengah) agar panjang antara sisi anan kiri seta sisi atas bawah sama. Setelah setengah jadi, lalu dipincuk (dibuat semacam kerucut agar bias dipakai di kepala.

8.                     Setelah menjadi kerucut, lalu dibawa ke pengepul untuk disempurnakan bentuk serta aksesorisnya.

9.                     Setelah sempurna, capingpun siap dipasarkan.

 

2.2 PERHITUNGAN HARGA DALAM USAHA KERAJINAN CAPING

Estimasi biaya dalam usaha yaitu :

No

Nama Barang

Banyak Barang

Harga

Beli

Harga Jual

Laba

Jumlah

1.

Caping

1 lusin

Rp.25.000,

Rp. 30.000,

Rp.5.000,

Rp.120.000

 

2.3  PROMOSI DALAM USAHA KERAJINAN CAPING

Promosi merupakan metode untuk memasarkan produk dan bisnis Anda kepada calon pelanggan antara lain :

·         Membuat pemflet-pamflet berisi praduk-produk baru yang akan di temple tiap bulannya.

·         Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring social maupun forum

·         Membuat catalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate

 

2.4 STRATEGI PENJUALAN KERAJINAN CAPING

Berdasarkan hasil yang dapat diketahui bahwa pengrajin caping dengan menerapkan beberapa strategi pemasaran dalam menjalankan kegiatan usahanya. Adapun strategi pemasaran yang digunakan tersebut antara lain:

strategi pengembangan produk,

penetapan harga,

tempat pemasaran, dan

promosi.

Dalam hal produk, pengrajin caping melakukan pengembangan produk yang bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen. Produk yang dihasilkan merupakan produk yang sebelumnya telah ada kemudian dikembangkan menjadi produk dengan berbagai macam bentuk yang bervariasi.

Dalam penetapan harga pengrajin caping menawarkan produk dengan harga yang didasarkan atas bentuk, ukuran, dan kelebihan pada masing-masing produk yang dihasilkan. Selain itu, pengrajin juga menyesuaikan harga yang ditetapkan oleh pesaing dengan mempertimbangkan jumlah penerimaan dan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk setiap produksinya.


 

BAB V
PENUTUP

 

3.1.    KESIMPULAN

Setelah kami mengumpulkan berbagai macam bahan berupa data maupun fakta dan penyusunannya menjadi sebuah Laporan Perencanaan Usaha sebagai Tugas Prakarya, kami menyimpulkan bahwa dalam berwirausaha harus memiliki strategi yang baik dan strategi yang  kurang akan menghambat dalam berwirausaha.

 

3.2 SARAN

Berdasarkan hasil  yang telah dibahas pada bab, maka  kami mengharapkan masukan yang dapat diberikan oleh berbagai pihak:

               Untuk masyarakat, agar bisa lebih menghargai warisan budaya Indonesia sekaligus bangga akan produk nasional. Serta masyarakat bisa melakukan berbagai inovasi yang kreatif yang dapat mendukung perkembangan kerajinan di Indonesia.


 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://wikipedia

http://andiolaaaa.blogspot.com/2013/10/proses-pembuatan-nyiru.html

Related Posts

Post a Comment