Puji
syukur kami panjatkan kepada Allah SWT karena berkat Rahmat, nikmat, dan
karunia NYA lah kami dapat menyelesaikan Laporan Perencanaan Usahal ini
sehingga penyusun dapat menjelaskan pembuatan Laporan Perencanaan Usaha ini.
Laporan Perencanaan Usaha ini kami buat sebagai salah satu kewajiban dalam
menjalankan tugas mata pelajaran Prakarya.
Disamping itu Laporan Perencanaan Usaha ini merupakan salah satu syarat untuk
mendapatkan nilai pada tugas sekolah di MAN 1 Boalemo Tahun ajaran 2022/ 2023.
Dalam
penyusunan Tugas Laporan Perencanaan Usaha ini tak luput dari bantuan beberapa
pihak yang telah membimbing dalam pembuatan Laporan Perencanaan Usahal ini,dan kami
mengucapkan banyak terimakasih.
Akhirnya
kami menyadari Laporan Perencanaan Usahal ini masih belum sempurna namun, perlu
kami sampaikan. Semoga hasil kecil ini bermanfaat bagi pembaca dan dapat
membawa manfaat dalam pengembangan dan peningkatan mutu.
DAFTAR ISI
SAMPUL
JUDUL
KATA
PENGANTAR
......................................................................................................... I
DAFTAR
ISI..................................................................................................................... II
BAB
I PENDAHULUAN.................................................................................................... 1
1.1 LATAR
BELAKANG.................................................................................................... 1
1.2 RUMUSAN
MASALAH...............................................................................................
1.3 TUJUAN................................................................................................................... 1
BAB
II PEMBAHASAN.................................................................................................... 6
2.1
PERENCANAAN USAHA
KERAJINAN CAPING.................................................................. 6
2.2 PERHITUNGAN HARGA
DALAM USAHA KERAJINAN CAPING................................... 7
2.3 PROMOSI DALAM USAHA KERAJINAN CAPING............................................................. 7
2.4 STRATEGI PENJUALAN KERAJINAN
CAPING ................................................................... 7
BAB
III PENUTUP......................................................................................................... 8
3.1
KESIMPULAN......................................................................................................... 8
3.2
SARAN
BAB I
PENDAHULUAN
2.1. LATAR
BELAKANG
Bambu merupakan salah satu jenis tumbuhan yang termasuk
dalam keluarga rumput – rumputan tertinggi di dunia. Banyak jenis bambu, salah
satunya bambu tali. Batang yang masi muda, karena lunak biasa dimanfaatkan oleh
bu di dapur untuk dibuat saur bersantan yang rasanya enak dan biasa disebut
sayur rebung. Batang yang sudah keras, dimanfaatkan oleh banyak orang untuk membuat berbagai
macam peralatan dapur, perabot rumah, kerajinan, dan lain – lain. Di daerahku, Boalemo,
bambu dimanfaatkan oleh banyak orang untuk membuat Caping.
Apa itu Caping? Caping (Tudung) merupakan sejenis topi
lebar yang terbuat dari caping yang banyak digunakan oleh petani untuk ke
sawah, yaitu untuk melindungi kepala dari panas dan hujan.
1.2 RUMUSAN MASALAH
1.
Bagaimana perencanaan usaha kerajinan caping
2.
Bagaimana perhitungan harga dalam usaha kerajinan caping
3.
Bagaimana Promosi yang dilakukan dalam usaha kerajinan caping
4.
Bagaimana strategi penjualan kerajinan caping
1.3 TUJUAN
1.
Agar Mampu Mengetahui Bagaimana perencanaan usaha kerajinan caping
2.
Agar Mengetahui Bagaimana perhitungan harga dalam usaha kerajinan caping
3.
Agar Mengetahui Bagaimana Promosi yang dilakukan dalam usaha kerajinan
caping
4.
Agar Mengetahui dan Memahami strategi penjualan kerajinan caping
BAB II
PEMBAHASAN
A. ASPEK PERENCANAAN USAHA
Dalam
laporan perencanaan usaha ini, bahan baku bambu merupakan bahan yang mudah didapatkan di
kebun-kebun yang ada di pedesaaan. Bambu bisa tumbuh dimana saja yang cocok
dengan ekosistemnya. Karena jumlahnya yang banyak, maka bambu tersebut dapat
dimanfaatkan sebagai karya kerajinan.
Bambu dapat dihasilkan untuk kerajinan dengan motif,
corak dan bentuk yang berbeda-beda seunik mungkin.
B. JENIS PRODUK YANG
DI PRODUKSI
Jenis
Produk yang akan dibuat yaitu kerajinan caping. Caping (Tudung) merupakan sejenis topi lebar
yang terbuat dari caping yang banyak digunakan oleh petani untuk ke sawah,
yaitu untuk melindungi kepala dari panas dan hujan.
C.
HAL PENTING DALAM
PEMBUATAN PRODUK
Dalam
proses pembuatan kerajinan caping alat yang diperlukan, antara
lain:
·
Bambu
·
Gergaji
·
Golok
·
Pisau Raut
Adapun cara membuatnya
sebagai berikut:
1.
Pilih
bambu yang berukuran sedang dan yang tidak terlalu tua, lalu potong menurut
ruasnya.
2.
Kemudian
kli bagian luar setiap ruas bambu dikerik agar mudah dianyam ( tidak keras)
3.
Lalu
dibelah kira – kira berukuran 1cm – 1cm
4.
Setelah
itu, belahan bamboo tersebut dicuik ( dibuat lembaran – lembaran tipis agar
bias dianyam)
5.
Setelah
menjadi lembaran tipis, lalu dijemur sampai kerimg agar tidak mudah ditumbuhi
jamur
6.
Setelah
kering lalu dianyam
7.
Dalam
menganyam lembaran bambu untuk membuat caping, berbeda dengan menganyam tikar
karena, dalam membuat caping dibagian tengah anyaman dibuat pelik (penanda
tengah) agar panjang antara sisi anan kiri seta sisi atas bawah sama. Setelah
setengah jadi, lalu dipincuk (dibuat semacam kerucut agar bias dipakai di
kepala.
8.
Setelah
menjadi kerucut, lalu dibawa ke pengepul untuk disempurnakan bentuk serta
aksesorisnya.
9.
Setelah
sempurna, capingpun siap dipasarkan.
2.2 PERHITUNGAN HARGA
DALAM USAHA KERAJINAN CAPING
Estimasi biaya
dalam usaha yaitu :
No |
Nama Barang |
Banyak Barang |
Harga Beli |
Harga Jual |
Laba |
Jumlah |
1. |
Caping |
1
lusin |
Rp.25.000, |
Rp.
30.000, |
Rp.5.000, |
Rp.120.000 |
2.3 PROMOSI DALAM USAHA KERAJINAN
CAPING
Promosi merupakan metode untuk
memasarkan produk dan bisnis Anda kepada calon pelanggan antara lain :
·
Membuat pemflet-pamflet berisi
praduk-produk baru yang akan di temple tiap bulannya.
·
Melakukan iklan-iklan di dunia
internet baik melalui situs jejaring social maupun forum
·
Membuat catalog-katalog mengenai
fashion yang sedang uptodate
2.4 STRATEGI PENJUALAN KERAJINAN
CAPING
Berdasarkan
hasil yang dapat diketahui bahwa pengrajin caping dengan
menerapkan beberapa strategi pemasaran dalam menjalankan kegiatan usahanya.
Adapun strategi pemasaran yang digunakan tersebut antara lain:
strategi
pengembangan produk,
penetapan
harga,
tempat
pemasaran, dan
promosi.
Dalam
hal produk, pengrajin caping melakukan pengembangan produk yang bertujuan untuk
memberikan kepuasan kepada konsumen. Produk yang dihasilkan merupakan produk
yang sebelumnya telah ada kemudian dikembangkan menjadi produk dengan berbagai
macam bentuk yang bervariasi.
Dalam
penetapan harga pengrajin caping menawarkan produk dengan harga yang didasarkan
atas bentuk, ukuran, dan kelebihan pada masing-masing produk yang dihasilkan.
Selain itu, pengrajin juga menyesuaikan harga yang ditetapkan oleh pesaing
dengan mempertimbangkan jumlah penerimaan dan biaya-biaya yang dikeluarkan
untuk setiap produksinya.
BAB
V
PENUTUP
3.1. KESIMPULAN
Setelah
kami mengumpulkan berbagai macam bahan berupa data
maupun fakta dan penyusunannya menjadi sebuah Laporan Perencanaan Usaha sebagai
Tugas Prakarya, kami
menyimpulkan bahwa dalam berwirausaha harus memiliki strategi yang baik dan strategi yang
kurang akan menghambat dalam berwirausaha.
3.2 SARAN
Berdasarkan hasil
yang telah dibahas pada bab, maka
kami mengharapkan masukan yang dapat diberikan oleh berbagai pihak:
Untuk masyarakat, agar
bisa lebih menghargai warisan budaya Indonesia sekaligus bangga akan produk
nasional. Serta masyarakat bisa melakukan berbagai inovasi yang kreatif yang
dapat mendukung perkembangan kerajinan di Indonesia.
DAFTAR PUSTAKA
http://wikipedia
http://andiolaaaa.blogspot.com/2013/10/proses-pembuatan-nyiru.html
Post a Comment
Post a Comment